Toko kaos c59 pelopor bisnis kaos Indonesia

Siapa yang tak kenal toko kaos yang satu ini? C59 berawal dari nama Caladi nomor 59 yang menjadi alamat mereka kala itu. Caladi sendiri merupakan nama sebuah gang kecil di daerah Bandung. Mas Wiwid, begitu pemiliknya biasa disapa, mengawali bisnisnya dengan menerima pesanan sablon dari sekolah dan perusahaan di tahun 1980.

Tapi toh Wiwied tak lantas puas dengan konsep awal toko kaos yang digagasnya itu yang hanya menerima pesanan dari orang lain. Ia mencoba menjajaki pasar retail dengan menjual t-shirt sisa order yang tidak lolos kualifikasi si pemesan. Hasilnya malah banyak diminati orang.

Karena itu toko kaos ini kemudian dikembangkan menuju arah ritel. Ia pun berinovasi dalam desain mulai dari proses penjahitan, sablon hingga pengepakannya. Dengan merek kaos c59 inilah ia akhirnya menjual sendiri t-shirt buatannya. Ide desainnya inilah yang kemudian mudah diterima masyarakat. Apalagi desainnya tidak berhenti pada pemiliknya karena seluruh karyawannya dibebaskan memberikan ide.

Toko kaos ini pun pindah tempat di jalan tikukur nomor sepuluh yang akhirnya diperluas tahun 1992 ke beberapa daerah disekelilingnya. Belum cukup dengan perkembangan bisnis kaosnya, ditahun berikutnya Wiwid akhirnya punya pabrik sendiri seluas 4000m2. Bermodal pabrik inilah C59 meluas ke enam ratus toko di seluruh Indonesia dengan tambahan enam puluh outlet lainnya di luarnegeri.

Puas dengan perkembangan toko kaos itu? Bukan Wiwid namanya kalau mudah berpuas diri. Karena dengan mengambil prinsip burung Caladi yang mematukan dirinya ke pohon, ia pun ingin menularkan kesuksesaannya ke orang lain. Kini pabrik di jalan Cigadung Raya itu punya fungsi lain. Yaitu sebagai tempat berwisata kaos yang diperuntukan untuk seluruh masyarakat. Disini setiap orang bisa melihat sendiri proses pembuatannya, dan sekaligus mendapat informasi dari seluruh karyawannya.

Lewat toko kaos oblongnya inilah Wiwid akhirnya menularkan karakter enterprenur yang sebenarnya. Apa juga kamu punya koleksi kaos C59?

Lihat juga:

  1. Kaos itu mulai bergambar
  2. Kaos distro apaan sih?
  3. Giliran Vidi Aldiano masuk ke bisnis pakaian!
  4. Kaos oblong Simon Cowell
  5. DAMN! Daniel mananta!
Tags: ,